Rabu, 03 November 2010

bab 5

BAB 5
DISAIN DAN PERILAKU ORGANISASI
PENGERTIAN ORGANISASI

Apakah yang Dimaksud dengan Organisasi
 Menurut Boone dan Kurtz, Organisasi didefinisikan sebagai berikut :
Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
    Definisi organisasi itu mencakup tiga elemen pokok, yaitu : (1) interaksi manusia, (2) kegiatan     mengarah pada tujuan, dan (3) struktur.

ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL

Organisasi Formal
    Organisasi Formal merupakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab, dan           pertanggungjawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan.
Organisasi Informal
                Organisasi informal adalah suatu jaringan hubungan pribadi dan sosial yang mungkin tidak                dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal.
Sentralisasi VS Desentralisasi
    Organisasi yang Disentralisir
         Organisasi manajemen yang disentralisir merupakan sebuah sistem yang wewenang serta           pengendaliannya dipegang disuatu pusat, biasanya eksekutif puncak.
    Organisasi yang Didesentralisir
         Manajemen yang didesentralisir merupakan suatu usaha sistematis untuk mendelegasikan            kepada jenjang bawah semua wewenang kecuali yang harus dilaksanakan pada jenjang                     tertinggi.
STRUKTUR ORGANISASI DAN PENYUSUNANNYA

Pembentukan Struktur Organisasi
         Struktur organisasi formal didasarkan pada analisa dari tiga elemen kunci setiap organisasi,     yaitu :
Interaksi kemanusiaan
Kegiatan yang terarah ke tujuan
Struktur
    Hierarki Tujuan
          Hierarki tujuan organisasi berlingkup dari tujuan perusahaan keseluruhan sampai tujuan-    tujuan khusus yang ditetapkan untuk masing-masing karyawan.
    Departementalisasi
         Pembentukan strukur organisasi dimulai dengan penganalisisan kegitan-kegiatan utama     organisasi. Di kebanyakan perusahaan kegiatan ini berupa produksi, pemasaran, pembelanjaan,     dan personalia.
    Wewenang dan Tanggung jawab
         Dengan tumbuhnya organisasi, manajer harus menugaskan sebagian kegiatannya kepada     bawahan agar dapat mencurahkan waktunya pada fungsi-fungsi manajerial. Tindakan     menugaskan kegiatan kepada bawahan ini disebut Pendelegasian.
    Berapa Banyak Bawahan yang Harus Ada di Bawah Seorang Manajer ?
         Rentangan Pengendalian (span of control) merupakan jumlah optimal bawahan yang dapat     dikelola oleh seorang manajer.
         Faktor-faktor krisis dalam menentukan rentangan pengendalian yang optimal adalah :
Jenis pekerjaan
Pelatihan karyawan
Kemampuan manajer
Efektifitas komunikasi
    Menjamin Komunikasi yang Efektif
         Komunikasi merupakan tugas yang relatif sederhana bagi organisasi kecil. Sering     komunikasi itu berupa tatap muka, dan perintah yang kurang jelas dapat diperbaiki dengan     pembicaraan secara personal.
    Menghindari Pertumbuhan Organisasi yang Tidak Perlu
         Dengan meningkatnya kekomplekan dan ukuran organisasi muncul kecenderungan untuk     menambah personalia atasan dan spesialis. Kecenderungan ini bersifat alami seperti yang dapat     terjadi dalam desentralisasi dan para manajer mengetahui bahwa rentang pengendalian mereka     terbatas.
Bentuk-bentuk Struktur Organisasi
     Sebenarnya bentuk struktur organisasi ini bermacam-macam, tetapi pada pokoknya ada empat, yaitu : organisasi garis, organisasi garis dan staf, organisasi fungsional, komite dan organisasi matrik.
Organisasi Garis
a. Kebaikan Organisasi Garis
Adanya kesatuan dalam pimpinan dan perintah
Pempinan dapat lebih cepat dalam mengambil keputusan
Pempinan dapat lebih cepat dalam memberikan perintah
Menghemat biaya
    b. Keburukan Organisasi Garis
Sering terdapat biokrasi yang menghambat jalannya perusahaan
Tidak adanya spesialisasi menyebabkan tugas yang berat bagi para petugas sehingga kurang efisien
Kurangnya kerjasama diantara masing-masing bagian.
Organisasi Garis dan Staf
     Organisasi garis dan staf ini merupakan kombinasi yang diambilkan dari keuntungan-keuntungan adanya pengawasan secara langsung dan spesialisasi dalam perusahaan.
a. Kebaikan Organisasi Garis dan Staf
Pempinan lebih leluasa dalam memberikan saran terhadap tugas khusus diluar bagiannya
Staf dapat membantu untuk mengatasi berbagai persoalan sehingga akan memperingan pekerjaan dan meningkatkan efisien kerja
Staf dapat mendidik para petugas
Adanya kesatuan dalam pimpinan sehingga menciptakan aliran kekuasaan dengan jelas.
    b. Keburukan Organisasi Garis dan Staf
Kadang-kadang staf tidak lagi memberi saran tetapi perintah
Dapat menimbulkan anggapan pada petugas untuk lebih percaya
Staf dapat ikut disalahkan apabila saran yang diberikan tidak memperoleh hasil
Organisasi Fungsional
         Dalam Organisasi Fungsional, masing-masing manajer adalah seorang spesialis atau ahli dan    masing-masing bawahan/pekerja mempunyai beberapa pimpinan. Manajer memiliki kekuasaan    penuh untuk menjalankan fungsi-fungsi yang menjadi tanggung jawabnya.
    a.Kebaikan Organisasi Fungsional
Masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya
Tugas para manajer menjadi lebih ringan dengan adanya pembagian fungsi
    b. Keburukan Organisasi Fungsional
Membingungkan para pekerja karena tidak ada kesatuan dalam pimpinan dan perintah
Tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan
Kesulitan-kesulitan yang timbul tidak dapat secara cepat diatasi
Kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan diantara para manajer.
Organisasi Komite
         Untuk membentuk Komite haruslah memperhatikan syarat-syarat berikut ini :
Suasananya santai dan bersifat informal
Semua anggota Komite ikut ambil bagian dalam mambicarakan tugas-tugasnya
Komite mengetahui tentang tugas-tugas yang dibebankan kepadanya
Masing-masing anggota Komite bersedia mendengarkan pendapat anggota yang lain
Keputusan diambil secara konsensus
Masing-masing anggota bebas mengemukakan pendapat
Ketua Komite tidak mempunyai kekuasaan atas yang lain.
    a. Kebaikan Komite
Merupakan sebuah forum untuk saling bertukar pendapat diantara beberapa anggota
Keputusan ditentukan bersama-sama sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik
Menciptakan koordinasi yang lebih baik
Meningkatkan pengawasan karena macam-macam Komite tersebut dapat berhubungan langsung dengan para pelaksana.
    b. Keburukan Komite
Kesulitan dalam mempersiapkan pertemuan karena masing-masing anggota sibuk dengan pekerjaannya
Keharusan untuk berkompromi
Sering menimbulkan kesimpang-siuran dalam organisasi
Tidak mempunyai kekuasaan untuk mendukung saran-saran yang diberikan.
Organisasi Matrik
         Bentuk baru yang disebut organisasi matrik ini digunakan berdasarkan struktur organisasi     garis dan sifat yang sudah ada. Organisasi matrik juga disebut organisasi manajemen proyek,     dapat didefinisikan sebagai struktur organisasi dimana para spesialis dari bagian-bagian yang     berbeda disatukan untuk mengerjakan proyek khusus.
    a. Kebaikan Organisasi Matrik
Luwes
Memberikan metode untuk memusatkan perhatian dan masalah-masalah utama yang spesifik atau persoalan-persoalan teknis yang unik
Memberikan alat inovasi tanpa mengganggu struktur organisasi yang ada
    b. Keburukan Organisasi Matrik
Beberapa masalah dapat muncul karena pendekatan ini melanggar prinsip kesatuan perintah yang tradisional
Manajer proyek dapat menjumpai kesulitan dalam mengembangkan tim terpadu
Konflik dapat muncul antara manajer proyek dengan menajer-manajer bagian lain

PERILAKU KEORGANISASIAN

Kelompok Kerja
         Kelompok kerja itu merupakan sekumpulan karyawan yang secara bersama-sama     mempunyai pekerjaan serupa (umum) dan melihat diri mereka sebagai suatu kelompok.                    Keanggotaan dalam berbagai kelompok akan bergantung pada banyak hal, yaitu : (1)     keakraban satu sama lain, (2) kepentingan bersama, (3) pekerjaan serupa, dan (4) persahabatan.
Motivasi
         Teori motivasi dari Maslow menekankan dua ide dasar yaitu :
Orang mempunyai banyak kebutuhan
Kebutuhan manusia dikelompokkan dalam sebuah hierarki kepentingan.
Pekerjaan dan Sikap Jabatan
         Moral merupakan sikap umum dari angkatan kerja dalam sebuah perusahaan terhadap     jabatan mereka. Sedangkan kepuasan jabatan merupakan istilah lain yang memberikan arti     banyak tentang hal yang sama.
Kepemimpinan
         Dalam perusahaan, kepemimpinan itu berkaitan dengan pengarahan kepada karyawan untuk     melakukan pekerjaan. Ini menjadi bagian penting dalam memahami perilaku kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar